I. Pendahuluan
Interaksi
manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain,
mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga
dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Interaksi adalah komunikasi 2 arah
antara manusia (user) dan sistem komputer. Interaksi menjadi maksimal apabila
kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang
saling mendukung. Jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami
hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.
Salah
satu kegiatan interaksi manusia dan komputer adalah penggunaan televisi, yaitu
bagaimana manusia menggunakannya, apakah mudah atau kesulitan pada saat
menggunakannya pertama kali. Kami melakukan observasi kepada pengguna televisi
apa saja interaksi pengguna dan objek yang terjadi.
II. Metode Observasi
Observasi yang kami lakukan adalah kepada seorang anak SMA. Kami mengamati
semua interaksi yang di lakukan antara pengguna kepada objek, apa saja
langkah yang di lakukan oleh pengguna untuk mengatur tv tersebut agar channel
chanel tersebut mendapat siaran tv.
III. Hasil Observasi
Setelah
mengamati semua kegiatan pengguna, terdapat beberapa kendala dalam pengaturan
tv, terlihat bahwa fisik dari remot tv kurang nyaman karena memiliki tombol
yang kurang besar. Apalagi bila di gunakan oleh orang yang usia lanjut, akan
sedikit sulit karena tulisan dan juga tombol kecil. Dan juga bahasa dalam
pengaturan, bagi beberapa orang bahasa inggris pada tv membuat pengguna kurang
paham karena kurang mengerti dengan bahasa tersebut.
Dalam
pengaturannya tidak terlalu sulit karena kita hanya tinggal menakan tombol pada Menu->Preset kemudian arahkan panah pada kata
perintah Search kemudian tekan arah “ -> “ dan tungggun hingga selesai, seperti
gambar di bawah ini.
Dan
berikut hasil ahir dari pengaturan yang telah selsai, smua channel sudah
mendapat siaran tv.
Untuk
orang yang lanjut usia, pasti akan kesulitan untuk mengatur tv tersebut, karena
desain gambar pada pengaturan sulit di mengerti. Tidak hanya orang lanjut usia,
orang dewasa pun akan medapat kesulitan jika tidak terbiasa menggunakannya
(Pengaturan).
IV. Analisa
Dari
kegiatan Interaksi pengguna dan objek yang mempersulit adalah desain gambar
pada pengaturan tv, dimana gambar yang terdapat di pengaturan tidak umum bagi
pengguna tv awam, dan juga kadang berbeda beda setiap merek tv. Di samping
aspek gambar, aspek pengetahuan dan kemampuan pengguna pun membuat suatu
interaksi ini sedikit sulit atau mungkin sangat sulit.
Seperti
pada teori Prinsip kegunaan (Usability).
Human
Capabilities
User
perlu mengetahui hal-hal berikut dalam merancang :
-
Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba)
Pengguna
harus mempunyai indra yang baik agar tidak kesulitan dalam berinteraksi dengan
objek tersebut, dan memiliki pengetahuan tentang penggunaan alat/objek
tersebut.
Memorability
Bagaimana
kemampuan pengguna mempertahankan pengetahuannya setelah jangka waktu tertentu?
Kemampuan mengingat didapatkan dari peletakkan menu yang selalu tetap.
Pada
kegiatan sehari hari pun banyak terdapat masalah seperti ini, manusia kurang
jeli dalam memahami kode kode atau istilah yang ada, dan itu semua menyebabkan
pelanggaran pelanggaran yang terjadi. Seperti contohnya rambu rambu lalulintas
yang sering kita lihat, dan pada kenyataanya masyarakat banyak yang tidak
mengerti, seperti rambu dilarang menyalip, kebanyakan orang tetap menyalip
walaupun sudah terdapat rambu tersebut. Itulah salah satu contoh di kegiatan
sehari hari, memang bukan hanya desain gambar yang harus di perjelas tapi juga
kemampuan manusia yang harus di tingkatkan.
Arief Hamid 27111769
M. ilham Utama 24111871
============================




Tidak ada komentar:
Posting Komentar